Selasa, 09 Desember 2008

Kenalkan, Namaku Tenggiri!

note: tulisan ini didedikasikan untuk mengabadikan penampakan dari ikan tenggiri, biar besok2 aku selalu ingat...

Berawal dari kebiasaan mama yang hobi masak dan bagi2 masakan sama tetangga, akhirnya banyak yang tau kalo mama bisa bikin empek2. Ini karena dulunya keluargaku lama tinggal di Bengkulu dan bertetangga dengan orang Palembang, jadi si mama mendapatkan titisan ilmu darinya hehehehe....... Beberapa tetanggaku sekarang, minta diajari cara bikin empek2 dan tekwan (makanan khas Palembang), ada juga yang hanya bermodalkan ikan tenggiri minta tolong dibuatkan empek2. Nah....... tetanggaku yang satu inilah yang suka mempromosikan masakan mama ke teman2nya, jadilah kita dapat orderan 1 kg empek2.

Aku pun terinspirasi untuk mempromosikannya, alhasil orderanpun meningkat jelang idul Adha. Masalahnya nih, bahan baku utamanya berupa ikan tenggiri agak susah didapat. So, untuk memenuhi permintaan pasar (ceilaaaah....gaya bener) akhirnya pada rabu sore sepulang kantor aku dan abenk berburu tenggiri. Aku sih emang ga kenal sama si tenggiri ini, perasaan ikan tuh mirip2 semuanya. Jadi ingat kejadian beberapa waktu lalu pas mau beli ikan air tawar di PA alias Pasar Alai.

Rhie : mondar-mandir di depan bak ikan trus nanya "bu, ini ikan apa ya?"
ibu penjual ikan : "nila" (sibuk milih2 ikan yang diminta pembeli lain)
Rhie : "oh.........." sok paham sambil memperhatikan ikan2 yg sedang berenang
"kalo mujaer ga ada ya, bu?"
ibu penjual ikan : ..........tiba2 memperhatikanku dengan seksama, lalu berkata
"lah....ini mujaer,nama lain dari nila"
Rhie : sok cuek... "oh....sama ya? ya udah deh, saya beli 2 aja" hehehehe

Ya...ya...ya... pengetahuanku dalam menentukan jenis ikan emang minim banget, soalnya ga doyan makan ikan siy (kecuali kalo dah diolah jadi empek2, siomay, batagor hehehehe...) dalam rangka mensukseskan misi pencarian tenggiri ini, aku bela2in browsing di google untuk menghapal raut wajahnya, kerlingan matanya, bentuk tubuhnya yang langsing, dan susunan giginya yang rapi.Yak, berangkatlah 2 pejuang yang gagah berani menuju Pasar Raya Padang di sore hari. Masuknya dari arah Matahari yang dilewati angkot biru, terus jalan ke depan ke arah Permindo tapi sepanjang jalan kenangan kok cuma tongkol aja yg keliatan. abenk nih, bikin hapalan wajah tenggiriku jadi buyar. Tiap kali dia nanya "Rhie, itu ikan apa?" dan tiap kali pula kujawab "itu tongkol tuh (dengan sok tau)" beberapa kali dengan pertanyaan dan jawaban senada, abenk mulai nanya lagi

abenk: "Rhie, kalo yg itu ikan apaan? kok beda ama tongkol?"
Rhie : jalan terus sambil celingak-celinguk "ga tau ya...belum kenalan, tapi pastinya bukan tenggiri"
abenk : "masa sih? tau darimana? yakin itu bukan tenggiri?"
Rhie : melototin abenk "ya iyalah yakin, rie kan udah liat gambarnya di google"

sampai di sini, gambaran tenggiri yang kulihat udah mulai blur, yg keingat cuma deretan giginya yg rapi hehehehehe...... akhirnya setelah perjalanan panjang, di ujung pasarkami temukan seekor tenggiri dengan berat 2, 3 kg dan tanpa ba-bi-bu langsung dibungkus. Misi selesai..... Eh, engga ding! pas lagi nunggu si ikan dibungkus, taunya mama nelpon nanyain kenapa sore2 belum pulang. Mendengar aku dan abenk lagi nyari tenggiri, si mama langsung semangat, katanya orderan empek2 nambah lagi, jadi 2,3 kg ikan tuh blm cukup.Yasud, langsung tancap gas ke Taplau. Kali ini nyarinya lebih pede, coz udah ada model in kresek-nya nih hehehehe...... dan perburuan kami sore itu emang ga sia2 deh setelah berhasil mendapatkan tambahannya.

Sebuah proses dari ikan menjadi empek2.....


















Apalagi setelah mencicipi hasilnya...... hmmmmm....... enak banget, pokoknya ga nyesel deh!
So, bagi yang berminat jangan ragu untuk menghubungi kami ya.....

posted by Rhie

1 komentar:

  1. iad baru baca..btw nila ama mujaer lain lageee
    mujaer itu banyak duri nya terus ukurannya kayak agak cebol
    kalo nila kayak guramiiiii!!!

    BalasHapus